AGAR GORENGAN RENYAH DAN GURIH


TRIBUNNEWS.COM – Gorengan renyah dan crispy pasti menambah selera makan keluarga. Sayangnya, kalau Anda membuat sendiri gorengannya seringkali tidak renyah seperti di restoran. Kuncinya ada di ketebalan tepung dan juga telurnya.

“Kalau adonan terlalu berat maka gorengan jadi tidak renyah lagi,” jelas chef Arnold Poernomo saat peluncuran produk makanan siap saji di Jakarta beberapa waktu lalu.

1. Ketebalan tepung

Baluran tepung kering atau tepung basah yang terlalu banyak akan membuat bagian dalam gorengan tidak matang. Ia menyarankan untuk melapisi isi gorengan hanya dengan dua kali penepungan saja. “Ketebalannya kira-kira dua mili,” sarannya.

2. Telur

Celupan isian ke dalam telur akan menambah rasa gurih dari gorengan. Namun, fungsi telur sebenarnya adalah sebagai lem pengikat tepung. “Seharusnya, Anda hanya perlu melumurinya bukan mencelup isian ke dalam kocokan telur. Caranya, ambil isian (misal udang), kemudian letakkan udang ke dalam telur lalu angkat. Lakukan ini dengan cepat,” katanya.

Setelah itu, celupkan ke dalam tepung dan goyang-goyangkan agar tepung yang menempel tidak berlebihan. Yang paling penting semua bagian isiannya sudah terbungkus tepung tipis. *)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s