1256 WARGA COBLOS BALON KETUA RW 06 KAMPUNG SASAK.


Laporan Reporter : Prasasti Prasanti

DepokPress.Com. Minggu (27/3) di Wilayah RW 06 Kampung Sasak, Kelurahan Limo, Kota Depok, telah berlangsung secara demokratis proses pemilihan Ketua RW 06 yang akan memangku jabatan periode 2016 s.d 2019  setelah Surat Keputusan Lurah Limo diterbitkan.

Proses penyelenggaraan berjalan kondusif dan tidak terjadi  “saling menjatuhkan”  atau destruktif antar   pengusung masing-masing calon.  Pada awalnya,  banyak yang mengkuatirkan persaingan antar calon pada pemilihan di tingkat RT/RW  akan memicu konflik antar pendukung.  Sebaliknya, justru warga antusias berpartisipasi dalam memberikan suaranya untuk memilih seorang pemimpin yang terbaik di wilayahnya.

“Luar biasa, perhelatan akbar pemilihan yang damai di Kampung Sasak ini.  Pada tingkat RT sebaiknya dilakukan seperti ini agar proses jujur, adil dan transparan, dapat diwujudkan,”kata seorang warga

DSC00607.JPG

Baliho para kandidat yang akan menjadi pilihan warga RW 06. Meskipun berbiaya besar, mereka tetap maju menjadi calon Ketua RW 06.

yang enggan disebutkan namanya.

Dibanding proses pemilihan tingkat Kabupatan atau Propinsi pada pemilihan Caleg, banyak kekuatiran  yang terjadi. Bahkan, kata warga tersebut, tingkat money politicnya banyak terjadi.  “Coba lihat, warga berbondong-bondong ingin menyaksikan proses pemilihan yang benar-benar terbuka,”tambahnya.

Drs. Ripai, S.Ag., Ketua LPPM Kel. Limo,  ketika diminta pendapatnya mengatakan, belajar berdemokrasi memang perlu waktu. Penyelenggaraan yang dilakukan di wilayah Kampung Sasak RW 06 ini, sebenarnya bukan “embrio”  pertama kali model pemilihan yang penggunaan bilik suara dan kartu pencoblosan. Tetapi, style yang dilakukan panitia yang dibantu pemuda Karang Taruna setempat, dapat dijadikan sebagai proyek percontohan pada masa-masa mendatang untuk wilayah lain.                                                                                                                    

Keberanian panitia dan pemuda Karang Taruna RW 06

DSC00609.JPG

Syarifudin, Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Tingkat RW 06, yang juga keseharian sebagai guru, sedang melakukan penghitungan suara yang masuk. Syarifudin, memiliki pengalaman beberapa kali di wilayah Kampung Sasak, sebagai penyelenggara Pemilu RT/RW.

mewujudkan proses pemilihan ini cukup mendapat acungan jempol.  Pasalnya, mereka menyediakan blanko surat panggilan, pemasangan para balon (bakal calon), umbul-umbul/baliho para balon, dan tidak kalah penting adalah, setiap warga harus mencelupkan jarinya ke tinta.

“Ini bertanda, bahwa proses pemilihan di  RW 06 adalah bagian keikutsertaan warga berpartisipasi dalam pembangunan di lingkungannya.  Perubahan yang positif adalah, mereka belajar berdemokrasi, ” Kata Ripai yang sempat hadir dalam perhelatan di Kampung Sasak tersebut.

Jumlah Warga Pemilih 1256  

Ketua Penyelenggara, Syarifudin, yang dikenal sehari-sehari sebagai guru, mengungkapkan, data pemilih di wilayah ini adalah sebanyak 1256 warga. Warga yang berhak memilih dan dipilih adalah, berdomisili di wilayah tersebut dan memiliki Kartu Keluarga, serta sudah memiliki  KTP.

Menurut Syarifudin, di Kampung Sasak ini  dikenal masyarakatnya yang ramah.  Meskipun semakin hari jumlah kepadatan penduduknya semakin meningkat, tetapi tidak mengurangi rasa persatuan dan kerjasamanya.  Mereka saling bergotong-royong, mereka tidak membedakan warna kulit atau asal suku.  Katanya, warga yang mengikuti pemilihan ini  membawahi  beberapa wilayah RT (Rukun Tetangga), antara lain; RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04.

Tokoh yang hadir dan Bakal Calon        

Pemilihan pada Minggu (27/3), selain dihadiri para Kandidat (Mualih, SH., Idup Satiri, Naalih, dan Marulloh), dihadiri juga para tokoh-tokoh masyarakat Limo, Pemuda Karang Taruna 06 Sasak, Alim Ulama, Kamtibmas Polsek Limo, Lurah Limo, Camat Limo, Drs. Ripai, S.Ag., (Ketua LPPM Limo), serta tokoh intelektual Kampung Sasak Drs. M. Basri, M.Si.

Sumber informasi yang dihimpun DepokPress.Com, Jamhuri “Cosmos” menyebutkan, penjaringan  bakal calon Ketua RW 06,  semula berjumlah 7 orang, tetapi 3 orang telah mengundurkan diri.  Calon-calon  yang masih bertahan yakni: Mualih, SH (No. Urut 1), Idul Satiri (No. Urut 2), Naalih “Bule” (No. Urut 3), Marulloh “Japut” (No. Urut 4).

Naalih, atau lebih dikenal RW Bule  syarat berbagai pengalaman,  adalah mantan Ketua RW 06.  Sementara Marulloh, atau masyarakat mengenalnya panggilan “Japut”, ia dikenal juga mantan Ketua RT 02. Japut, sosok yang calon yang berusia lebih muda dari calon lain.

Idup Satiri , mantan Ketua RT 02 dikenal murah senyum dan ramah. Ia suami dari Hj. Uyoh dikenal sebagai istri yang aktif di berbagai pengajian dan kegiatan sosial.  Sedangkan Mualih, tokoh pembaharu baru seorang “petarung” yang tidak gentar menghadapi  rival-rivalnya.  Ia bahkan, diprediksi menjadi “kuda hitam” dalam pencalonannya.  Tanpaknya, periode mendatang  Mualih, SH., Idup Satiri, dan Marulloh, menjadi modal besar untuk pencalonan di tingkat yang lebih tinggi, semisalnya; sebagai Ketua LPM Kel. Limo, Ketua Penyelenggaran Kegiatan Sosial (Olahraga, Keagamaan, dan Kemasyarakatan yang lain). Selamat Sukses!. (*)

Advertisements

Posted on March 27, 2016, in TENTANG KITA and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Imanuel Gurik

ANAK NEGERI INSTITUTE

WN.com - Antara News

"beritanya dapat dipercaya". Redaksi/Iklan: Jln. H. Saleh 54 Sasak Limo, Kota Depok, Indonesia. Tlp./Fax (021) 7541037, HP 0818 0816 0816, http://depokpress.com, e-mail: depokPress@yahoo.com

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

Radical Faggot

Black Knowledge Queer Justice

The Trailhead

Life and death and sleeping on the ground

follow your nose

it always knows

Problem Machine

It's not a disaster.

Fit Is a Feminist Issue

Feminist reflections on fitness, sport, and health

the literate lens

photography, writing and the spaces between

The religious imagineer

Where the fire and the rose are one

Tales for Life

Some stories just have to be told: healing and wholeness in everyday life

Sketch Away: Travels with my sketchbook

Just another WordPress.com site

Paula Reed Nancarrow

Essays, Stories, Ephemera

Paul Bernal's Blog

Privacy, Human Rights, Law, The Internet, Politics and more

Painting On Scars

"If you want to change the world, who do you begin with: yourself or others?" - Solzhenitsyn

The Renaissance Mathematicus

Just another WordPress.com weblog

Song of the Lark

Music, melodies, mutterings

Chiller

This blog is about everything.

The Belle Jar

"Let me live, love and say it well in good sentences." - Sylvia Plath

Incidental Naturalist

Connecting people to nature

Chicago Literati

A Nonprofit Literary magazine

Extra Dry Martini

Straight up, with a twist.

Ticket to Adventures

Travel blog from around the world, near and far.

Wandering Gaia

Dispatches from the Anthropocene

BEN TROVATO – Durban Poison

Columns, letters and rants

%d bloggers like this: